Kampus Ini Hadirkan Penyanyi Rap untuk Kuliah


foto:  Jay-Z Dosen Geortown University yang tak pernah kuliah/ The Nation

GEORGETOWN - Pernahkah kamu bayangkan bagaimana menyenangkannya jika kelas Sosiologimu diajar oleh penyanyi rap terkenal macam Jay-Z? Ya, di Georgetown University suami penyanyi Beyonce itu mengajar kelas yang tadinya diajar oleh sosiologis handal yang telah menulis delapan buku bertaraf internasional.

Profesor Sosiologi yang digantikan Jay-Z untuk sementara waktu, Eric Dyson mengatakan, dia ingin mata kuliahnya membahas suatu topik secara mendalam untuk satu tahun ini.

"Kami juga ingin mengetahui ada apa di balik ikon budaya pop yang kini menjadi penguasa di belantika musik rap, dan teori apa yang patut digunakan tentang hal ini," ujar Dyson seperti dinukil The Nation, Selasa (25/10/2011).

Kelas sosiologi yang akhirnya dinamakan "Sociology of Hip Hop: Jay-Z" tersebut menimbulkan animo besar di antara para mahasiswa. Baik bagi mahasiswa yang memang diwajibkan mengambil sosiologi sebagai mata kuliahnya, maupun yang tidak.

"Dalam sehari, hampir 140 orang yang masuk dalam kelas Jay-Z. Dan dalam satu hari kelas diadakan sebanyak tiga kali," teang Dyson.

Menurutnya, kelas tersebut merupakan ide brilian yang pernah dibuatnya. Mahasiswa belajar mengenai budaya pop, hip hop, dan kehidupan sosial yang mengiringi suami dari penyanyi Beyonce Knowles yang tidak pernah mengecap bangku kuliah.

"Jay-Z sangat antusias terhadap kelas tersebut dan membahas mengenai kurikulum untuk satu tahun dengan sangat serius," beber Dyson.

Jay-Z sendiri merespons kelas tersebut dengan tulisan dengan rima hip hop, "Berapa banyak teman-teman disana yang bisa membahas teori Hegel? atau menggunakan teori Kant untuk menjelaskan bagaimana penjara fesyen bergerak dari sel yang di segel?" tulisnya.

0 comments:

Posting Komentar