Lulusan S-2 Monash University Ditaksir CEO Dunia


Ilustrasi : Corbis

MELBOURNE – Monash University merupakan sekolah bisnis terbaik di Australia yang menjadi pilihan CEO internasional dalam merekrut pekerja.
Menurut survei European Market Research, lulusan sekolah pascasarjana dari Monash University dinilai yang terbaik.

Dalam daftar peringkat, universitas yang berbasis di Melbourne ini ada di peringkat ke-47, di atas Australian National University (ANU) yang ada di peringkat ke-50. University of Sydney juga masuk di peringkat 57 diikuti University of New South Wales (73) serta Macquarie University (81).

Survei ini bertanya kepada para pemimpin perusahaan (CEO) dari Eropa, Brasil dan Amerika Serikat. Penilaian berupa skala, di mana lembaga dari negara responden diberikan nilai satu sementara lembaga dari benua lainnya diberikan nilai dua.

Secara keseluruhan, Amerika mendominasi daftar, di mana ada tujuh universitas di Negeri Paman Sam tersebut dalam daftar 10 besar. Kampus ternama, seperti Harvard, Stanford dan Yale ada di dalam tiga besar.

Sebanyak 57 lembaga pendidikan Amerika, 15 lembaga pendidikan Inggris, dan 11 lembaga pendidikan Prancis dinilai para CEO. Sementara perguruan tinggi dari negara Eropa lainnya yang dinilai sebanyak 31 buah. Kanada, yang pada umumnya selevel dengan Australia memiliki enam perguruan tinggi yang dinilai.

Selain itu, negara berkembang juga ikut dalam penilaian. Negara berkembang yang perguruan tingginya dinilai adalah China (4), Brasil (1) dan Afrika Selatan (2). Demikian seperti dikutip dari The Australian, Rabu (26/10/2011).

Menanggapi hasil ini, Monash University menyambut berita ini dengan baik. Pasalnya, peringkat dibuat berdasarkan reputasi. Persepsi sekolah pascasarjana sebagai kampus penelitian semakin diperkuat setelah bekas dekan sekolah pascasarjana Monash, Stephen King mengundurkan diri untuk menjadi peneliti sepenuhnya. Apalagi bulan lalu, rival Monash, Melbourne Business School dinobatkan sebagai kampus terbaik dalam peringkat yang disusun majalah lokal.

Hal ini juga berdampak positif bagi ANU yang meluncurkan ekspansi besar dalam hal penelitian pada 2009. Ekspansi dilakukan Robert Widing menjadi Dekan Sekolah Pascasarjana Manajemen Macquarie pada tahun itu.

0 comments:

Posting Komentar