Borobudur, Sensasi Spiritualisme di Pulau Jawa


Candi Borobudur/ist

BERWISATA ke Pulau Jawa menjadi salah satu pengalaman spiritual, tidak hanya karena berbagai macam tempat wisata budaya yang eksotis namun juga karena begitu tenangnya wilayah ini sehingga ikut membawa jiwa kita ‘berlibur’ dari kesibukan kota.

Salah satunya dari tempat-tempat wisata budaya yang eksotis itu adalah bermacam-macam candi, baik candi Budha maupun candi Hindu. Yang paling luar biasa adalah Candi Borobudur.

Monumen kolosal yang dihiasi ukiran-ukiran yang menceritakan tentang kehidupan dan ajaran Budha, terharmonisasi baik dengan sawah hijau yang mengelilinginya.

Seperti dilansir Daily Mail, Senin (24/10/2011), meski telah melewati masa 1200 tahun sejak pembangunannya dengan berbagai macam gempuran seperti ancaman bom teroris, gempa bumi, dan hujan abu dari gunung berapi, namun tidak mengurangi kecantikan dan kemegahan Candi Borobudur ini.

Lokasi Candi Borobudur sendiri tampaknya terjaga dan terawat dari segi mistis dan spiritualisme yang muncul dari dalam bangunan ini.

Candi Borobudur terdiri dari banyak stupa. Di setiap stupa terdapat patung Budha yang sedang bermeditasi. Sepuluh tingkat menuju puncak candi ini melambangkan sepuluh langkah yang harus dicapai oleh seorang penganut ajaran Budha agar dapat mencapai Nirwana.

Sambil menikmati matahari terbenam dari Candi Borobudur, maka Anda akan mendapatkan suatu ketenangan yang tidak Anda duga sebelumnya.

0 comments:

Posting Komentar