Ilmuwan Ungkap Rahasia Migrasi Ikan Paus


detail berita

PARIS - Para ilmuwan Amerika Serikat (AS) berhasil mengungkap rahasia di balik migrasi ikan paus yang selama ini masih misterius.

Seperti yang dikutip AFP, Kamis (27/10/2011), beberapa ekor Ikan Paus Pembunuh mampu berenang sejauh 10 ribu kilometer, dari Kutub Selatan ke perairan tropis, dengan tujuan bukan untuk makan maupun berkembang biak.

Menurut studi yang dilakukan oleh US National Marine Fisheries Services (NMFS), ikan-ikan paus ini berenang dari perairan dingin dengan kecepatan tinggi, kemudian melambat begitu sampai di perairan hangat. "Ikan-ikan ini melakukan migrasi dengan dorongan untuk membuat kulit mereka menjadi lebih bersinar dan baru," ungkap pihak NMFS.

Pihak NMFS mengatakan bahwa sebelumnya sangat sedikit diketahui apa motif dari migrasi ini, atau bagaimana ikan-ikan paus ini mengingat jalurnya.

Dalam penelitian ini, John Durban dan Robert Pitman dari National Marine Fisheries Service melacak pergerakan satu lusin ikan paus di pantai semenanjung Antartika melalui satelit pemancar.

0 comments:

Posting Komentar