Berfoto Mirip Osama bin Laden, Aktivis Dicurigai


Osama Bin Laden (Foto: Reuters)

HEMINGBROUGH - Seorang aktivis lokal di Hemingbrough, Inggris, memicu kegemparan di kotanya. Dia membuat foto yang menyamar sebagai Osama bin Laden dan menyebarkannya ke masyarakat.

Warga yang tidak menyukai hal tersebut menilai Greig Markham, sang aktivis tersebut, menuduh dirinya merupakan pendukung jaringan terorisme internasional Al Qaeda.

Tetapi Markham membantah tuduhan dirinya sebagai pendukung Al Qaeda. Dia mengatakan bahwa foto tersebut diambil dari website sejarah keluarganya. Demikian diberitakan Selby Times, Kamis (27/10/2011).

Apa yang dilakukan oleh Markham patut memicu kontroversi di desanya. Osama bin Laden adalah sosok teroris internasional yang mengancam dunia, meskipun dirinya tewas di tangan pasukan Amerika Serikat (AS) di Pakistan 2 Mei lalu.

Sosok penuh teror ini memang menjadi perhatian dari dunia internasional melalui aksinya yang menakutkan. Salah satu aksi teror yang dilakukan Osama adalah serangan terhadap menara kembar WTC 11 September 2001 lalu di New York, AS.

Serangan tersebut menyebabkan sekira 5.000 jiwa tewas. Pada akhirnya, pria yang juga dikenal sebagai keturunan kelurga kaya Arab Saudi ini diburu oleh AS.

Petualangan Osama berakhir di Abbottabad, Pakistan 2 Mei lalu. Dirinya tewas saat operasi militer rahasia yang dilancarkan oleh pasukan marinir AS.

Operasi militer ini sendiri membuat hubungan AS dengan Pakistan karena pihak mereka tidak mengetahui operasi militer tersebut. AS pun membela diri bahwa, bila pihak memberi tahu operasi tersebut, kemungkinan besar akan dibocorkan oleh pihak Pakistan dan operasinya pun berakhir dengan kegagalan.

Kini jasad Osama sudah dikuburkan di laut oleh pihak AS. Mereka sengaja tidak menguburkannya di daratan, agar tidak terjadi pengkultusan terhadap Osama bin Laden dari para pendukungnya.

0 comments:

Posting Komentar