Tarian Burung Hebohkan Wisuda ITB


Foto : Penari burung yang menyambut para wisudawan ITB/Iman Herdiana (okezone)

BANDUNG - Wisuda Institut Teknologi Bandung (ITB) 201 dihebohkan oleh puluhan penari yang mengenakan kostum menyerupai burung.

Para penari yang tidak lain adalah mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Seni Rupa (KMSR) Fakultas Seni Rupa Desain (FSRD) ITB itu mulai menari sekira pukul 11.00 WIB.

Mereka berjalan dari lapangan parkir Sabuga dan berhenti di pintu masuk utama Sabuga. Kostum yang mereka kenakan berwarna-warni dengan motif dan atribut burung, lengkap dengan sayap dan paruh burung.

Di depan pintu utama, mereka membentuk formasi tarian yang diiringi suara burung yang bersumber dari alat musik tiup terbuat dari bambu. Sambil menari, mahasiswa juga menyuarakan lengkingan mirip burung.

Tarian berjudul Behind the Sky itu juga diiringi tetabuhan dari berbagai peralatan yang mirip gamelan. Formasi tari mereka bermacam-macam, kadang berkerumun kadang berbaris memanjang di kiri dan kanan pintu utama untuk menyambut wisudawan.

Sesekali di sela tarian mereka berteriak "Seni Rupa-Seni Rupa". Seorang penari juga mengibar-ngibarkan bendera hitam KMSR ITB.Aksi mereka tentu saja menarik perhatian ratusan wisudan dan pengantar wisuda tengah menunggu di sekitar Sabuga. Tarian itu menjadi sajian hiburan gratis.

Sonya (18), salah seorang penari menjelaskan, aksi tersebut sengaja dilakukan sebagai bentuk sambutan terhadap wisuda. Aksi terkait acara besar yang dihelat KMSR FSRD ITB bertema Pirates of World.

"Judul tariannya Behind the Sky. Artinya, burung itu bebas dan lepas. Mahasiswa juga harus seperti burung, biarkan mereka bebas," terang Sonya, saat ditemui di sela tarian, Sabtu (29/10/2011).

Jumlah penari dalam acara wisuda sebanyak 80 orang. Semuanya mahasiswa FSRD angkatan 2011. "Selanjutnya kita akan konvoi menuju ITB," ujarnya.

Di ITB, aksi mereka akan dipusatkan di tengah Kampus ITB, tepatnya di Intel (Indonesia Tenggelam). Di sana telah menanti ratusan penari yang akan memeriahkan acara Pirates of World.

0 comments:

Posting Komentar