Berenang Bersama Hiu Paus di Meksiko


Berenang bersama hiu paus. Berani? (Foto: BBC Travel)

BERENANG bersama spesies ikan terbesar di dunia? Mengapa tidak! Hal ini dapat Anda lakukan di pulau kecil Isla Holbox, tidak jauh dari kota Cancun, Mexico.

Isla Holbox adalah pulau kecil di mana pengunjung dapat bersantai sambil mengamati burung-burung eksotis liar di tengah pulau, atau duduk santai mengamati paus di tepi pantai. Apabila Anda ingin memacu arus adrenalin, Anda dapat berenang bersama Hiu Paus, ikan terbesar di dunia.

Kegiatan berenang bersama Hiu Paus ini dapat dilakukan sepanjang Juli hingga September, seperti dilansir BBC, Jumat (28/10/2011). Bulan-bulan ini merupakan waktu dimana Hiu Paus muncul ke perairan Isla Holbox, untuk menyantap plankton-plankton.

Anda akan dibuat takjub dengan begitu megahnya bentuk fisik hewan ini—dengan panjang 15 meter dan berat 15 ton—dan bentuknya yang mengingatkan kita dengan hewan pada masa purbakala. Tapi Anda tidak perlu takut, meskipun terlihat cukup menakutkan karena ukurannya seperti raksasa, Hiu Paus bukanlah karnivora. Ikan ini hanya memakan plankton-plankton kecil.

Untuk mengikuti kegiatan ini, Anda harus mengenakan jaket khusus dan pelampung, serta akan dipandu oleh pemandu tur khusus yang bekerja sama dengan WWF (Wird Wildlife Fund) agar kegiatan ini berlangsung tanpa membahayakan keselamatan Hiu Paus tersebut.

Hanya tiga orang dalam sekali perjalanan yang diperbolehkan dan Anda tidak diperkenankan untuk berenang di bawah Hiu Paus tersebut dan menarik sirip atau ekornya.

Setelah berenang bersama Hiu Paus, Anda bisa seraya snorkling dalam perjalanan kembali ke pulau. Apabila beruntung, Anda dapat melihat penampakan ikan pari Manta Ray yang kebetulan berenang di perairan yang dangkal.

0 comments:

Posting Komentar