Mahasiswa Despro ITS Bikin Mobil Mini dari Tanah Liat


foto: model mobil mini dari tanah liat/ ist

SURABAYA - Institut Teknologi sepuluh Nopember (ITS) yang bekerja sama dengan salah satu perusahaan mobil asal Jepang mengadakan seminar desain otomotif bertajuk Sharing of Experience.

Mahasiswa dari Jurusan Desain Produksi (Despro) semester lima ke atas dan beberapa mahasiswa desain dari Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) dan Universitas Surabaya (Ubaya) pun turut serta dalam acara tersebut.

Selain menyuguhkan demo pembuatan sketsa dan model dari bahan tanah liat, Panitia juga memberikan kesempatan ke peserta seminar untuk mempraktekkan teknik menggambar dan membuat model.

"Sebagai mahasiswa desain, lewat seminar ini saya bisa tahu teknik membuat sketsa yang benar yang berpengaruh pada pembuatan model. Secara garis besar seminar ini manfaatnya besar sekali," ujar Aan, mahasiswa semester tujuh program studi Despro Industri yang dikutip laman ITS, Rabu (2/11/2011).

Selain belajar bagaimana cara membuat sketsa dengan benar, para peserta juga diajarkan bagaimana membuat model mobil dengan bahan tanah liat. Sebelum para peserta mencoba pembuatan model dengan bahan tanah liat, terlebih dahulu Wachidin, pembuat model dari perusahaan tersebut mendemokan cara pembentukan model dengan alat-alat seperti pisau, pengikir dan lainnya.

Tak lama kemudian, para peserta pun diberi kesempatan untuk membentuk model mobil Daihatsu Xenia dengan skala 1:10. Dengan dibekali model dasar dan beberapa alat untuk membentuk, para mahasiswa Despro dan peserta lainnya mulai asyik mengukir mobil mininya.

Kepala Divisi ADM, Pradipto Sugondo mengatakan, tujuan Daihatsu melakukan seminar di beberapa institusi yang berbasis desain produk adalah untuk menyelaraskan standar mutu desain antara pihak Daihatsu dengan calon-calon desainer produk di Indonesia.

"Hal ini juga bertujuan untuk meminimalisir sumber daya manusia (SDM) dari luar Indonesia dan memaksimalkan SDM dalam negeri," kata Pradipto.

Meski demikian, Pradipto menuturkan, pembukaan lapangan kerja untuk desainer baru Daihatsu belum menjadi tujuan utama dalam seminar ini. Ia malanjutkan, walaupun ada kemungkinan bibit-bibit unggul akan muncul dan terlihat dari hasil kerja para peserta seminar saat ini.

0 comments:

Posting Komentar