2025, Jakarta Terancam Banjir Besar


detail berita

JAKARTA - Ketika musim hujan, bencana banjir bagaikan sebuah ancaman rutin yang mengincar Ibukota. Bila curah hujan terus meningkat sedangkan tidak ada yang mengambil tindakan preventif terhadap banjir ini, Jakarta memiliki kemungkinan untuk mengalami banjir besar pada 2025 nanti.

Padatnya penduduk disinyalir mempunyai andil dalam bencana tersebut, namun ternyata persoalan tidak sesederhana itu. Letak Jakarta dan aspek penurunan tanah juga mempunyai andil terhadap bencana banjir tersebut. Ini adalah masalah yang umum terjadi pada kota yang berdiri di atas sebuah delta.

Jakarta yang terbentuk oleh sedimentasi dari 3 sungai besar (Cisadane, Citarum, Ciliwung) dan ratusan aliran sungai ini adalah sebuah delta. "Jakarta sekarang kebanjiran, itu ada faktor deltanya di situ." ujar Prof. Dr. Indrayana, Sekretaris Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat yang, di Gedung Kominfo, Kamis (3/11/2011).

"Delta-delta yang kritis dan rawan bukan cuma di Ciliwung dan Mahakam, tetapi juga di Mekong cukup rawan," tambah Ketua LIPI Prof. Dr. Jan Sopaheluwakan.

"Jakarta is the next step yang bakal mengalami nasib seperti Bangkok apabila tidak dilakukan langkah-langkah yang drastis terutama menyangkut penurunan tanah ini," tambahnya.

Dia juga mengatakan, "Ancaman banjir Jakarta itu dari selatan berupa air, dari utara berupa rob."

Beberapa kota besar lain seperti Shanghai dan San Fransisco juga berdiri di atas delta, namun mereka telah melakukan penanganan terlebih dahulu sehingga tidak terjadi masalah serupa.

0 comments:

Posting Komentar